Domain Murah Sebagai Langkah Awal Pebisnis Online

pebisnis online

Domain murah saat ini di Indonesia mudah ditemukan karena sudah banyak penyedia layanan tersebut. Kemajuan teknologi saat ini membuat persaingan di dalam bidang teknologi semakin ketat.

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Domain

Orang-orang mulai berlomba-lomba membuat lahan pekerjaan melalui bidang online. Semakin banyak pengguna online seperti website dan blog, semakin banyak juga penyedia domain yang memberikan pelayanan bagus dengan harga cukup miring. Bagi Anda yang memulai bisnis di dunia online, sebaiknya Anda harus mengetahui dengan jelas langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk memulainya.

Untuk beberapa pengusaha yang memiliki bisnis cukup besar dengan orderan yang banyak, membuat website bisa dijadikan sebagai sarana yang mempermudah untuk update stock maupun menerima orderan. Walaupun, mungkin para pengusaha bukan orang yang mengerti teknologi informasi, mau tidak mau harus mendalami informasi-informasi terkait pembuatan website maupun blog brand produknya.

Langkah awal Anda harus mempunyai domain dan juga hosting. Apa itu domain? Domain merupakan sebuah nama unik untuk memudahkan identifikasi IP address atau alamat server komputer seperti, email server dan web server pada jaringan komputer Anda. Setiap orang yang membuat website memiliki domain yang berbeda-beda. Fungsi dari domain ini yaitu mempermudah pengguna untuk mengakses di internet dan juga mempermudah untuk mengingat nama server yang akan dikunjungi. Domain ini yang akan menjadi nama dan alamat website Anda.

Domain mempunyai beberapa macam level, diantaranya:

  • Top Level Domain (TLD), yaitu kata di belakang nama domain. Contohnya yang paling sering digunakan seperti .com (dotcommercial) .edu (doteducation) .net (dotnetwork) dan .info (dotinfo).
  • Second Level Domain (SLD), yaitu nama domain yang akan Anda daftarkan, bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Contohnya seperti domain.com atau hosting.edu. Untuk domain sebagai SLD dan .com sebagai TLD.
  • Third Level Domain (TLD), yaitu nama yang ingin Anda tambahkan setelah SLD. Untuk TLD bisa Anda tambahkan maupun tidak, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Contohnya seperti, xyz.domain.com atau abc.hosting.edu. Untuk abc sebagai TLD, hosting sebagai SLD dan .edu sebagai TLD.

Mengetahui Apa Itu Hosting

Setelah Anda sudah mengenal tentang domain, selanjutnya ketahui lebih jauh mengenai hosting. Hosting merupakan tempat penyimpanan berupa harddisk di dalam komputer server yang digunakan untuk menyimpan file-file website Anda, database yang digunakan, dan alamat email. Hosting ini seperti lahan yang besar sebagai wadah untuk membuat website besar milik Anda. Jadi, ketika isi dari website dan nama domain telah Anda persiapkan, maka selanjutnya Anda memerlukan hosting untuk memposting website Anda secara resmi di dunia maya.

Anda tidak perlu pusing mengenai hosting. Saat ini Indonesia telah banyak memiliki jasa hosting dan sangat mudah Anda temui. Anda hanya perlu menyewa jasa hosting yang telah Anda survey sebelumnya. Hosting murah dengan kualitas yang baik bisa Anda temukan di sekitar Anda atau bisa mencari di internet. Jadi, Anda tidak perlu pusing.

Yang perlu diperhatikan mengenai spesifikasi hosting yang akan digunakan seperti:

  • Database, sesuaikan dengan jumlah database yang Anda buat untuk website.
  • Kapasitas dari hosting, hal ini berpengaruh atas besar kecilnya data website milik Anda yang akan ditaruh di dalam hosting.

Jika Anda sudah mengerti mengenai domain dan hosting, Anda bisa memulai memperluas jaringan bisnis online dari sekarang. Untuk memulai Anda bisa menggunakan layanan dari DomaiNesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *